Tips Berkendara Agar Hemat Bahan Bakar

Sebentar lagi tahun baru akan tiba. Tidak sedikit yang akan melakukan tradisi tahunan, yaitu mudik ke kampung halaman. Saat mudik, banyak yang memilih mobil pribadi sebagai transportasi mudik. Namun sebelum bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman, pasti sudah terbayang dengan kemacetan luar biasa sepanjang perjalanan.

Jika sudah terjebak macet, pasti konsumsi bensin mobil akan meningkat. Hal ini tentunya membuat biaya mudik membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, Ikhsan Utama, drifter Team Achilles akan membagikan tiga tips bagaimana agar dapat menghemat konsumsi bensin mobil kamu. Check this out mates!

 

 

1. Isi BBM Saat Malam Hari

Biasakan untuk mengisi BBM di malam hari. Hal ini bertujuan agar jumlah BBM yang masuk kedalam tangki mobil kamu lebih maksimal. Karena saat malam hari, suhu tangki penyimpanan di SPBU lebbih rendah, yang menyebabkan BBM menyusut. Karena itulah BBM yang masuk ke dalam mobil kamu akan lebih banyak dibanding mengisi BBM di siang hari.

2. Jangan Membawa Barang Berlebihan

Usahakan untuk membawa barang seperlunya. Ketika membawa barang dalam jumlah sangat banyak, tentu akan membuat beban mobil meningkat. Karena beban mobil yang berat, tentu saja mobil membutuhkan tenaga yang lebih dari biasanya untuk bergerak. Untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar, tentu saja mesin akan mengkonsumsi BBM lebih banyak.

3. Berakselerasi Secara Normal

Biasakan untuk menginjak dan melepas pedal gas secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk agar kerja mesin lebih ringan. Selain itu, selalu jaga putara mesin antara 2.000 RPM – 3.000 RPM dalam keadaan jalan yang lancar. Dengan melakukan kedua hal tersebut konsumsi BBM mobil kamu pasti akan lebih irit.

 

Selain melakukan ketiga tips tersebut, ternyata pemilihan jenis ban juga berpengaruh terhadap konsumsi  BBM, papar Ikhsan. Karena menurutnya di pasaran telah tersedia beberapa jenis ban yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar. Salah satunya adalah Achilles Desert Hawk  H/T 2. Ban tersebut telah dilengkapi dengan teknologi HD Silica Technology. Teknologi tersebut membantu menghemat bahan bakar dengan mengurangi gaya gesek ban ke jalan sehingga mesin akan bekerja lebih ringan. Walaupun gaya gesek berkurang, namun berkat teknologi HD Silica Technology ban Desert Hawk  H/T 2 tetap memiliki daya cengkram yang lur biasa, baik di medan kering maupun basah.

Nah jika kamu sudah melakukan semua tips-tips d atas, jangan pernah lupa untuk selalu safe drive mates!

 

 

reff : http://www.achillesradial.com